Rabu, 16 Oktober 2019

Cara dan Resep Membuat Nasi Tumpeng Enak Murah Meriah

Cara dan Resep Membuat Nasi Tumpeng Enak Murah Meriah - Di Indonesia, keberadaan nasi tumpeng identik dengan berbagai acara penting. Secara umum, kuliner ini adalah nasi yang dibentuk kerucut, lalu ditata bersama dengan lauk-pauknya. Terkesan ribet, masih banyak yang beranggapan membuat nasi tumpeng itu susah. Sebenarnya gak juga lho, coba deh ikuti resep bikin nasi tumpeng dan cara membuatnya dengan mudah dan enak seperti di bawah ini!

Resep Nasi Kuning

Berikut saya paparkan bahan-bahan atau resep untuk membuat nasi kuning yang enak, semoga resep ini bisa dipahami oleh kamu yang mau masak sendiri dirumah, berikut : 

1. Bahan-bahan:
  • 5 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 5 cm jahe
  • 1 buah kelapa tua
  • 2 batang serai
  • 5 siung bawang merah
  • 4 lembar daun salam
  • 1 kg beras
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • 900 ml santan

2. Cara membuat:

  • Cuci beras hingga bersih, lalu rendam di dalam air yang bersih.
  • Haluskan lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe, dan garam. Masukkan bumbu halus ke dalam santan, lalu aduk hingga merata.
  • Masak hingga mendidih, buang air rendaman beras. Tuang santan ke dalam beras dengan cara disaring.
  • Masukkan daun salam dan serai, rebus beras dengan menggunakan api kecil. Tambahkan daun salam dan serai, rebus kembali sambil diaduk-aduk hingga air menyusut dan beras hampir matang.
  • Setelah tingkat kematangannya sudah sesuai, ambil dulu daun salam dan serai dari dalam beras.
  • Siapkan panci untuk mengukus, kemudian rebus airnya dahulu. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus dan tambahkan daun pandan.
  • Kukus nasi sampai benar-benar matang atau tanak.
  • Biarkan nasi dingin pada suhu ruangan sebelum kamu bentuk kerucut.

Bahan pelengkap nasi kuning

Bahan pelengkap untuk nasi kuning bisa disesuaikan selera masing-masing. Namun, beberapa makanan pelengkap yang biasanya tersedia antara lain:

  • Kering tempe
  • Tempe atau tahu goreng
  • Ayam goreng atau rendang
  • Perkedel kentang
  • Irisan telur dadar goreng
  • Telur rebus
  • Mie goreng
  • Sambal goreng kentang ampela ati
  • Kerupuk
  • Irisan mentimun
  • Sambal

Hiasi Nasi Tumpeng, supaya menarik

Setelah selesai memasak semua bahan yang dibutuhkan, saatnya kita menghias tumpeng. Inilah salah satu hal yang bikin orang merasa kerepotan. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini: 

  • Untuk alas tumpeng, kamu bisa menggunakan tempeh bambu. Alasi bagian dasar tempeh dengan daun pisang. 
  • Daun pisang tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan bagian pinggiran tempeh.
  • Susun nasi kuning dengan menggunakan cetakan berbentuk kerucut agar lebih rapi. Letakkan berada tepat di bagian tengah tempeh.
  • Letakkan lauk di sekitarnya, kamu bisa menatanya dengan melingkari nasi.
  • Dalam menghias, kamu bisa menggunakan kulit buah tomat supaya bisa dibentuk bunga mawar. Hati-hati ya, jangan sampai terputus.
  • Cabai merah juga bisa digunakan sebagai bahan hiasan bunga aster atau bentuk gurita.
  • Silakan berimajinasi dengan bahan-bahan yang telah kamu siapkan.
Itulah resep nasi kuning yang enak dan super murah meriah, semoga resep ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, atau bagi kamu yang tidak sempet pesan nasi tumpeng dadakan ajah, jaman modern sekarang sudah banyak apalgi di jakarta, kunjungi ajah atau pesan online di Nasi Tumpeng Jakarta.

Jumat, 20 September 2019

Cara Membuat Ubi Goreng Fantasi Jajanan Bule ala Mak Frida

Resep Ubi Goreng Fantasi - Semenjak lihat postingan Resep Ubi Goreng Fantasi ala Mak Fridajoincoffee, langsung penasaran sama ubi fantasi ini. Seenak apa sih, kok bentuknya lucu dan unik gitu kaya es krim stick.

Akhirnya langsung cari ubi jalar, kebetulan dapat ubi kuning. Jadi cocok seperti resep ubi goreng fantasi yang Mak Frida tulis. Next pengin coba juga bikin ubi ungu fantasi dan juga ubi putih fantasi, rasanya sama-sama enak ngga ya?

Baca Juga : Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin)

Bagi yang masih bingung sebenarnya apa sih ubi fantasi ini? Jadi sebenarnya ubi goreng fantasi merupakan salah satu makanan atau gorengan ala bule yang dibuat dengan adonan ubi kukus sebagai bahan utamanya. Yang kemudian di haluskan, dan di kepal-kepal di stick es krim lalu di goreng dengan lapisan tepung panir alias tepung roti. Rasanya enak, manisnya pas dan super crispy di luar dari tepung panirnya.

Simak Juga : Cara Membuat Martabak Shanghai Isi Ayam Kentang Wortel 

Selain di goreng sampai kekuningan dan matang, ubi goreng fantasi ini juga di beri topping manis seperti susu kental manis coklat yang di padukan dengan meises coklat, keju dan juga gumpaste mini. Kalau lagi ngga ada topping tersebut, ubi goreng tepung panir ini enak juga kalau di beri topping saus sirup rasa pandan dan juga apel. Jadi untuk topping bisa di sesuaikan dengan selera ya.

Penasaran bagaimana proses pembuatannya? Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Ubi Goreng Fantasi seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Ubi Goreng Fantasi Homemade

Resep Ubi Goreng Fantasi
Ubi Goreng Fantasi - Credit : @fridajoincoffee


Bahan Bumbu Ubi Fantasi :

  • Ubi kukus 600 gram, haluskan
  • Tepung tapioka 2 sendok makan
  • Gula halus 2 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Pencelup / Pelapis :

  • Tepung terigu 4 sendok makan 
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 100 mili liter
  • Tepung panir 100 gram 

Alat : 

  • 12 stik es krim

Proses Pembuatan Resep Ubi Goreng Fantasi : 

  1. Campurkan ubi jalar yg sudah dihaluskan, tambahkan semua bahan, aduk rata.
  2. Ambil adonan sebanyak 60 gram, kepal-kepal dengan stik es krim di tengahnya, bentuk menyerupai es krim stik.
  3. Campurkan bahan pencelup: tepung terigu, garam dan air. Aduk rata.
  4. Celupkan ubi fantasi ke dalam bahan pencelup, kemudian balur dengan tepung panir, agak ditekan-tekan supaya panir tidak rontok.
  5. Goreng ubi goreng fantasi dengan minyak panas dan api sedang hingga matang kekuningan.
  6. Tiriskan ubi fantasi, dan hias dengan coklat blok leleh dan meses atau gumpaste mini.
  7. Ubi fantasi siap untuk disajikan selagi hangat. Mantap!
Satu resep ubi goreng fantasi ini menghasilkan 12 pcs ubi fantasi yang enak, garing di luar dan empuk di dalam. Kalau mau bikin yang lebih sedikit bisa gunakan 1/2 resep ini. 

Atau sebalikannya kalau pengin bikin yang lebih banyak boleh tambahkan ubi dan bahan-bahan lainnya sesuai kebutuhan. 

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak

Sedikit tips kalau lagi dapat ubi yang kurang manis, boleh ditambahkan gula halusnya agar hasilnya manis kaya yang bikin hehehe. 

Selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan Cara Membuat Ubi Goreng Fantasi snack ala bule yang ngehitz di Instagram. Semoga bermafaat :)

Rabu, 18 September 2019

Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin)

Resep Sate Telur Gulung Isi Sosis - Mau buat camilan tapi bingung mau buat camilan apa, yang ada di rumah cuma ada telur lalu saya teringat dengan jajanan favorit saya waktu SD dulu yaitu sate telur gulung.

Rasa sate telur gulung yang enak dan gurih ini memang ngangenin. Biasanya pedagang menjual sate telur gulung di depan sekolah, di pusat keramaian seperti kesenian wayang, alun-alun dan ada juga pedagang yang jualan keling kampung.

Simak Juga : Cara Membuat Martabak Shanghai Isi Ayam Kentang Wortel 

Tak hanya rasanya yang enak, harga satu buah sate telur gulung isi sosis ini juga cukup murah meriah dan ekonomis. Karena hanya dengan uang seribu sampai dua ribu rupiah saja, kalian sudah dapat menikmati sate telor gulung yang lezat.

Nah karena banyak yang menyukai jajanan dari telur ini, saat ini banyak variasi resep sate telur gulung yang di isi dengan sosis, telur puyuh, bakso, mie dan bihun. Sate telur gulung berbagai isian ini paling enak dinikmati dengan boncabe,saus sambal dan mayonaies.

Baca Juga : Resep Membuat Telur Dadar Padang Enak 

Perpaduan dari rasa telur yang gurih dan saus yang pedas membuat sate telur gulung banyak digemari semua orang. Namun sayang saat ini kita jarang temui sate telur gulung.

Nah dari pada kita susah-susah cari sate telur gulung, mending kita buat sendiri di rumah yuk! Berikut bahan bahan dan cara membuatnya.

Step by Step Memasak Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal 

Step by Step Memasak Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal
Resep Sate Telur Gulung Sosis - Credit : Ervita Cookpad


Bahan Bumbu Telur Gulung :

  • Telur 4 butir
  • Air 90 mili liter
  • Kaldu ayam 1 blok
  • Garam 1 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Sosis 3 buah (potong jadi dua, masing-masing potongan di belah empat. Jadi 1 sosis bisa jadi 8 potong, total 24 potong)
  • Tusuk sate 24 pcs

Bahan dan Alat Untuk Menggoreng Telur Gulung :

  • Minyak goreng secukupnya
  • Rantang tebal atau panci seukuran rantang untuk menggoreng (saya sengaja pakai rantang, biar minyaknya lebih irit)

Proses Pembuatan Sate Telur Gulung Isi Sosis :

  1. Pertama-tama ambil satu potongan sosis, tusuk ke tusukan sate pelan-pelan. Pastikan sebagian ujung tusuk satenya lebih pipih sehingga potongan sosis bisa masuk semua dengan sempurna. Lakukan sampai habis, sisihkan.
  2. Masukkan bahan telur dan bumbu ke dalam sebuah wadah. Kocok telur sampai rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. 
  3. Tempatkan panci rantang di atas kompor, tuangi minyak sampai 3/4-nya. Pastikan ketika tusuk satenya dicelupkan ke dalam minya, sosisnya terendam semua. 
  4. Selanjutnya panaskan minyak dengan menggunakan api sedang sampai benar-benar panas. Lalu celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar sampai sosis matang.
  5. Lalu dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil di aduk-aduk dengan arah melingkar pakai tusuk sate. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat.
  6. Lakukan proses menggoreng sampai selesai. Tata sate telur isi sosis di atas tisu makan untuk mengurangi minyak yang menempel di telur gulung. 
  7. Jika suka bisa potong gagang sate lebih pendek lagi. Jadi lebih rapi dan tidak terlalu kepanjangan saat di sajikan. 
  8. Sajikan hangat-hangat dengan saos sambal atau mayonaise sesuai selera. 
Resep Telur Gulung Buat JualResep Sate Telur Gulung Crispy EKonomis Isi Sosis, 1 Resep jadi 24pcs

Tips dan Trik Membuat Sate Telur Gulung Sosis Krispi :

  1. Setiap kali akan menuangkan adonan telur ke minyak, sebaiknya selalu dikocok telebih dahulu, karena kalau tidak sering-sering dikocok adonan putih telur akan mengendap dibawah. Nanti hasilnya jadi kurang bagus, kurang bersarang dan juga menjadi menggumpal dan tidak crispy.
  2. Resep sate telur gulung sosis yang ngehitz di Korea ini merupakan versi mini, karena 1 sosis dipotong jadi 8 buah, hasilnya pun jadi banyak. 
  3. Kalau mau bikin ukuran sate telur lilit yang lebih besar lagi maka sosisnya cukup dipotong jadi 2 pcs, Dan kalau ukuran besar maka 1 resep bisa jadi 10-12 buah. 
  4. Untuk penggunaan telur tidak harus melulu telur ayam atau bebek ya, ini saya nyoba pakai telur puyuh juga okeh hasilnya. 1 telur ayam bisa diganti dengan 4-5 telur puyuh. 
  5. Kalau bosan dengan sosis, isian bisa diganti dengan telur puyuh atau bakso pentol agar hasilnya gandut montok. 
  6. Jadi untuk isian suka-suka saja sesuai selera, bisa telur puyuh rebus, potongan sosis, potongan tahu goreng, atau tempe goreng juga boleh. Atau di bikin sederhana tanpa isian juga boleh. Silahkan berkreasi sesuai selera saja. 
Jangan Lewatkan : Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin). Semoga bermanfaat :)

Jumat, 13 September 2019

Resep Browkat Brownies Alpukat ala Dapurwafda

Resep Browkat Brownies Alpukat - Assalamu'alaikum, Ceritanya waktu itu pulang raker di puncak. Terus pas nyari oleh-oleh, nemu alpukat. Beli lah 2kg alpukat yang lumayan besar-besar.

Setelah bosan dibuat es kerok milo alpukat, akhirnya dibikin browkat brownies alpukat kekinian yang lagi viral di grup masakan Facebook dan Instagram saja.

Baca Juga : Resep Es Kepal Greentea Matcha Ekonomis, Modal 6000rb Bisa Jadi 2 Porsi

Cara membuat browkat brownies alpukat ini bisa dibilang gampang-gampang susah ya Bun. Karena bahan-bahan yang digunakan lumayan banyak dan buatnya juga harus hati-hati sekali agar alpukat tidak pahit ketika diolah menjadi browkat.

Kunci sukses membuat resep browkat brownies alpukat agar alpukatnya tidak pahit adalah carilah buah alpukat yang sudah benar-benar matang. Kalau bisa pakai alpukat mentega yang dagingnya tebal, wuih mantap tuh! Oh iya, alpukat bisa diganti buah mangga atau durian ya.

Simak Juga : Resep Es Kepal Milo Kekinian (Resepi Ais Kepal Milo Malaysia Viral)

Nah dari pada penasaran, langsung saja disimak yuk Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Browkat Brownies Alpukat seperti berikut ini.

Step by Step Mengolah Resep Browkat Brownies Alpukat

Resep Browkat Brownies Alpukat
Resep Browkat Brownies Alpukat - Credit : @dapurwafda


Bahan-bahan Brownies Coklat Kukus :

Bahan 1:

  • 120 ml minyak sayur
  • 70 gram DCC Darck Cooking Chocolate (coklat batang), potong kecil-kecil

Bahan 2 :

  • 4 butir telur
  • 150 gram gula
  • 1/2 sendok teh SP atau Emulsifier

Bahan 3 :

  • 20 gram coklat bubuk
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanilla
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Brownies Coklat :

  1. Tim bahan A hingga coklat meleleh, sisihkan.
  2. Campur semua bahan B. Mixer hingga mengembang dan putih berjejak.
  3. Campur semua bahan C, ayak. Lalu campurkan sedikit demi sedikit ke adonan B. Masukkan bahan A, sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga rata.
  4. Siapkan kukusan. Ambil 1 buah loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Tuang adonan, lalu hentak2an afmgar udara keluar. Kukus +- 20 menit hingga matang, angkat.

Bahan Vla Alpukat :

  • 500 gram daging buah alpukat
  • 1/2 kaleng SKM (susu kental manis) putih
  • 100 mili liter air

Cara Membuat Vla Alpukat / Saus Alpukat :

  1. Campur semua bahan lalu blender hingga halus.
  2. Sisihkan.

Bahan Whipped Cream :

  • 1 bungkus whipped cream bubuk
  • 100 mili liter susu cair fullcream dingin
  • Campur semua bahan, mixer hingga lembut.

Bahan Chocholate Ganache :

  • 250 gram DCC (drack cooking chocolate)
  • 1 sendok makan butter
  • 100 mili liter susu cair fullcream
  • Campur semua bahan lalu tim hingga coklat dan butter mencair.

Penyelesaian Resep Browkat Brownies Alpukat :

  1. Siapkan wadah, potong-potong brownies yang sudah dingin lalu letakkan di paling dasar wadah. 
  2. Tambahkan vla alpukat lalu letakkan brownies lagi. 
  3. Selanjutnya tambahkan vla alpukat, whiped cream dam siram dengan coklat ganache.
  4. Beri topping coklat chip diatasnya.
  5. Masukan kulkas, sajikan dingin. 

Demikian mengenai Resep Browkat Brownies Alpukat ala Dapurwafda, Anda bisa membuatnya untuk camilan dirumah atau bisa juga untuk jualan seperti isian snack box, sajian arisan dan kudapan ulang tahun. 

Jangan Lewatkan : Resep Es Lilin Susu Untuk Dijual 1000-an Laba 200rb per Produksi 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri, semoga barmanfaat :)

Sabtu, 07 September 2019

Cara Membuat Sostel Sosis Telur Sayur Tanpa Mesin Enak Sehat

Sostel Sosis Telur Sayur Tanpa Mesin - Bunda, membuat makanan yang dikukus dengan plastik itu jelas tidak bagus bagi kesehatan, karena dapat memicu kangker.

Namun akhir-akhir ini banyak bertebaran resep sostel sosis telur yang disebut juga sosis telor / egg roll gass yang dibuat dengan cara dikukus dengan plastik. Ini terjadi karena mesin pecetak sostel sendiri yang harganya cukup mahal.

Baca Juga : Cara Membuat Martabak Shanghai Isi Ayam kentang Wortel 

Sehingga banyak orang yang berkreasi membuat sostel sosis telur tanpa mesin namun banyak dengan cara yang kurang tepat. Salah satunya adalah memasukan adonan sostel ke dalam plastik es, kemudian di kukus.

Hemm, cukup miris juga sih, karena saat ini banyak orang yang memilih praktis tanpa memikirkan makanan tersebut bagi kesehatan.

Simak Juga : Cara Membuat Ubi Goreng Fantasi Jajanan Bule ala Mak Frida

Dengan ini Saya akan coba membagikan salah satu resep sostel sosis telur rumahan yang dibuat tanpa mesin dan pastinya enak dan sehat dikonsumsi.

Yaitu dibuat dengan cara dicetak dengan cetakan atau loyang roti bentuk lonjong, cetakan es krim loly dan bisa juga dikukus dengan daun pisang. Namun untuk mengukus sostel dengan daun pisang harus hati-hati karna rawan bocor.

Jangan Lewatkan : Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin)

Seperti namanya, sostel alias sosis telur ini terbuat dari satu buah sosis yang dimasak dengan kocokan telur yang sudah diberi bumbu gurih lengkap dengan irisan sayuran yang semakin memberikan kenikmatan pada sostel.

Jadi menurut Saya sostel sosis telur ini cocok sekali dibuat untuk bekal anak kesekolahan dan juga bekal makan Ayah ke kantor. Anak-anak pasti suka dengan rasa sostel, mengandung sayuran yang cukup banyak menjadi salah satu cara agar anak mau makan sayur.

Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Sostel Sosis Telur Tanpa Alat lengkap dengan irisan sayuran seperti wortel, kol dan juga daun bawang. Mari disimak!

Step by Step Memasak Resep Sostel Sosis Telur Homemade No Mesin 

Sostel Sosis Telur Sayur Pedas - Credit : @martaboxmiyabi


Bahan Bumbu Sostel :

  • Telur 6 butir
  • Sosis 12 pcs
  • Wortel 4 buah
  • Kol secukupnya
  • Daun bawang 2 batang, iris halus
  • Royco penyedap rasa 1 bungkus
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Bon cabe secukupnya, jika suka

Langkah Membuat Sostel Sosis Telur : 

  1. Parut wortel kecil kecil, lanjut iris kol dan daun bawang.
  2. Selanjutnya kocok telur berserta royko, bon cabai secukupnya dan lada bubuk.
  3. Masukan sosis satu persatu ke dalam loyang lonjong atau cetakan es krim, lalu masukan sayuran yang sudah diiris tadi isi sesuai selera.
  4. Setelah semua terisi sosis dan sayuran, masukan kocokan telur perlahan secukupnya.
  5. Masukan kedalam kukusan, kukus kurang lebih selama 8 menit.
  6. Keluarkan dari loyang atau cetakan, lalu tiriskan. Tusuk dengan tusukan sate. 
  7. Bisa langsung di makan atau di goreng lagi dan dii sajikan dengan saus lengkap dengan mayonaisnya.

Nah mudah bukan proses pembuatan sostel ini? Mulai sekarang katakan stop membeli sostel di pedagang keliling maupun penjual di jajanan mall! Karena pastinya lebih hemat dan irit dibanding membelinya dengan harga 7-15rb per sate sostel.

Demikian mengenai Cara Membuat Sostel Sosis Telur Sayur Tanpa Mesin. Semoga bermanfaat :)