Minggu, 24 Januari 2021

Sekilas Tentang Struktur Organisasi PT. Mayora Indah Tbk

Sekilas Tentang Struktur Organisasi PT. Mayora Indah TbkPernah nggak sih kepikiran kalau perusahaan dengan ribuan karyawan itu gimana cara handle-nya? Contohnya nih PT Mayora Indah Tbk atau sering disebut dengan Mayora Indah. Mayora Indah ini merupakan salah satu perusahaan produk industri (FMCG) di bidang makanan.

Ribuan karyawannya yang tersebar di seluruh Indonesia, berkerjasama memastikan semua produk Mayora Indah tersedia. Tentunya tidak mudah bagi pemilik bisnis melakukan semua pekerjaan sendirian. Oleh karena itu harus mendelegasikan tugas ke para profesional.

Maka fungsi atau kegunaan struktur organisasi adalah sebagai dasar penentuan penentuan pengelolaan tanggung jawab. Ini juga menjadi latar belakang struktur organisasi Mayora dibuat. Tentunya untuk mempermudah penentuan pengelolaan tanggung jawab, aliran kerja, atau informasi, dan tugas setiap posisi yang ada di dalam organisasi. Karena semua orang menginginkan kesuksesan dalam berbisnis.

Sekilas Tentang Pt. Mayora

PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia.

Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money, “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa, “Top 100 public listed companies” dari majalah Investor Indonesia, “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia, Best Listed Company dari Berita Satu, “Indonesia’s Corporate Secretary Award, Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector, dari Warta Ekonomi dan banyak lagi penghargaan lainnya.

Struktur Organisasi Perusahaan

yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah, sebuah garis hirarki atau bertingkat yang mendeskripsikan komponen-komponen yang menyusun perusahaan. Dimana setiap individu atau SDM yang berada pada lingkup perusahaan tersebut memiliki posisi dan fungsinya masing-masing.

Terdapat dua hubungan yaitu, hubungan vertikal dan horizontal. Dalam struktur organisasi, hubungan yang vertikal menunjukkan arah hubungan dari atas ke bawah (fungsi directing/supervisi).

Hubungan horizontal menggambarkan hubungan yang mendatar, artinya terdapat komunikasi dan koordinasi antar departemen. Jika hubungan vertikal dapat terlihat dalam bagan organisasi, tidak demikian dengan hubungan horizontal.

Struktur Organisasi PT Mayora Indah Tbk Indonesia

PT Mayora Indah Tbk atau sering disebut dengan Mayora Indah, merupakan salah satu perusahaan produk industri di bidang makanan. Perusahaan yang didirikan puluhan tahun ini memiliki struktur organisasi Mayora yang menggambarkan peranan dan fungsi setiap manajemen dalam pengelolaan perusahaan. Simak ulasannya berikut.

1. Dewan Komisaris

Dalam tatanan struktur organisasi di PT Mayora Indah Tbk, jabatan yang memegang kendali paling tinggi yaitu dewan komisaris. Dewan komisaris disini memiliki tanggung jawab yaitu memberikan saran kepada bagian direksi dalam mengelola perusahaan, termasuk perencanaan dan pengembangan, operasional dan penganggaran, kepatuhan dan tata kelola perusahaan, serta penerapan keputusan RUPST.

Biasanya dewan komisaris dibantu oleh seorang sekretaris dan internal audit dalam memastikan kepatuhan pada peraturan Bapepam-LK dan SEC serta peraturan relevan lainnya. Sementara untuk rapat Dewan Komisaris diadakan sebulan sekali atau setiap saat jika dibutuhkan. Dewan komisaris juga biasanya mengadakan rapat gabungan dengan direksi dua kali dalam sebulan.

2. Audit Committee atau Komite Audit

Setelah dewan komisaris, jabatan selanjutnya sebelum direksi yaitu audit committee atau komite audit. Dalam PT Mayora Indah Tbk, komite audit memiliki tugas untuk mengawasi pekerjaan dari dewan komisaris serta untuk memastikan sistem pengendalian internal perusahaan berjalan dengan efektif. Hal tersebut bertujuan agar tidak terdapat penyimpangan yang dapat merugikan perusahaan.

Dimana tugasnya sendiri adalah untuk mengawasi pekerjaan komisaris dan memastikan agar sistem pengendalian internal perusahaan dapat berjalan dengan baik dan efektif hingga tak ada kegiatan yang menyimpang yang bisa merugikan perusahaan.

3. Direksi

Direksi dalam PT Mayora Indah Tbk memiliki tanggung jawab dalam mengurus perseroan, mewakili perseroan baik untuk dalam maupun luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar. Biasanya dalam melakukan tugas, direksi dibantu oleh kepala divisi atau kepala unit organisasi dan staf ahli direksi yang terdiri dari staf ahli utama dan pratama.

Dalam struktur organisasi Mayora, direksi pula dibagi menjadi beberapa bagian yang memiliki tanggung jawab di masing masing bidangnya diantaranya direktur utama, direktur pemasaran, direktur umum personalia, direktur pengembangan produk, bawahan direktur pengembangan produk (manajer teknik, manajer laboratorium, staff project), dan direktur keuangan.

4. Sekretaris Perusahaan

Terakhir, ada Sekretaris yang tugasnya tercantum dalam Penunjukkan sekretaris perushaaan. Untuk diketahui bahwa PT Mayora Indah tbk sendiri telah mempunyai seorang sekretaris perusahaan sejak sebelum tahun 1997, dimana sekretaris di perusahaan ini terdiri atas 2 orang.

Demikianlah strktur organisasi PT Mayora Indah tbk yang dapat kami sampaikan. Setidaknya dengan ini, kalian bisa lebih dalam mengenal mengenai perusahaan tersebut. Semoga bermanfaat.

Load comments